Rabu, 21 Oktober 2015

Yamaha tidak ingin ketinggalan dengan rivalnya yaitu honda yang telah membuat sebuah scooter dengan tampilan yang retro abis, yap anda benar, motor itu adalah honda scoopy. scoopy sudah beredar di Bumi Pertiwi ini sejak tahun 2009/2010. Pada saat itu cukup banyak peminatnya karena bentuknya yang beda dari motor matic kebanyakan. 

Desain mio fino mirip dengan scooter buatan piaggio, yaitu vespa, dan lain sebagainya. Tapi karena motor-motor piaggio harganya cukup menguras dompet, maka motor jepanglah pilihannya. Yamaha menanamkan mesin YMJET_FI pada motor ini, jadi sepertinya tidak ada perbedaan dengan mio-mio yang lain. Oh iya, saat ini yamaha sudah mengeluarkan 4 jenis mio yang berbeda, yang sebenarnya hanya beda desainnya saja. untuk urusan mesin semuanya bisa saling tukeran alias sama persisssss.

Mio ini sudah dilengkapi fitur-fitur keselamatan seperti standar yang jadi saklar (stand switch), key shutter, dan kunci rem (smart lock). Entah sejak kapan akhirnya yamaha memberikan fitur-fitur keselamatan ini (ada yang tau??). 

Yamaha memberikan pilihan 6 warna pada mio ini, yang menariknya ada 3 warna spesial yang disediakan, saya sangat menyukai 3 warna spesial tersebut terutama yang warna putih modis (fashion white), ini penampakannya :


Dan juga ada 3 warna lain yang juga cukup menarik, ini penampilannya : 



Berikut adalah spesifikasinya :
Dimensi

P X L X T (mm) : 1.870 X 700 X 1.066
Jarak sumbu roda : 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah : 130 mm
Tinggi tempat duduk : 745 mm
Berat isi : 95 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,8 liter

Mesin

Tipe mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC
Jumlah/Posisi silinder : Silinder Tunggal / Mendatar
Diameter x Langkah : 50,0 X 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 9,30 : 1
Daya maksimum : 7,75 PS (5.7 kW) / 8.500 rpm
Torsi maksimum : 8,5 N.m / 5.000 rpm
Sistem starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : 0,85 liter / Perawatan Berkala : 0,74 liter
Sistem bahan bakar : (Fuel Injection System) YMJET-FI
Tipe kopling : Kering, Kopling Sentrifugal Otomatis
Tipe transmisi : V-belt Otomatis
Pola pengoperasian transmisi : Otomatis

Rangka

Tipe rangka : Pipa Baja (Underbone)
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Unit Swing, Suspensi Tunggal
Ban depan : 70/90-14M/C 34P
Ban belakang : 80/90-14M/C 46P
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol

Kelistrikan
Sistem pengapian:TCI (Transistor Control Ignition)
Battery:GTZ4V / YTZ4V
Tipe busi:NGK/CR6HSA atau DENSO/U20FSR-U

Sekian ulasan saya terkait mio fino, silahkan berkomentar di bawah. See you on the next review :D

0 comments:

Posting Komentar